Semua tentang Tekinkom

Apa itu Komputer?

Dalam bentuk yang paling dasar komputer adalah perangkat yang membantu manusia dalam melakukan berbagai macam perhitungan.  Komputer paling awal adalah sempoa, yang digunakan untuk melakukan operasi dasar aritmatika.

Setiap komputer mendukung beberapa bentuk masukan, proses, dan output. Hal ini kurang jelas pada perangkat primitif seperti sempoa dimana input, output dan pengolahan secara sederhana adalah tindakan memindahkan kerikil ke posisi baru, melihat posisi berubah, dan menghitung. Namun, hal ini juga merupakan komputasi.  Informasi masukan, proses, hal itu sesuai dengan logika dasar atau program yang sedang berjalan, dan menhasilkan output/hasil.

Komputer modern melakukan hal ini secara elektronik, yang memungkinkannya untuk melakukan lebih banyak dari perhitungan. Terlepas dari kenyataan bahwa kita saat ini menggunakan komputer untuk memproses gambar, suara, teks dan lainnya, semua itu tidak lebih dari perhitungan numerik dasar. Grafik, suara dll hanyalah abstraksi dari angka-angka yang bergerak di dalam mesin yang terdiri dari angka satu dan nol. Dengan kata lain setiap gambar, setiap suara, dan setiap kata memiliki kode biner yang sesuai.

Sementara sempoa mungkin secara teknis menjadi komputer pertama. Kebanyakan orang saat ini mengasosiasikan kata “komputer” dengan komputer elektronik yang diciptakan pada abad terakhir, dan telah berkembang menjadi komputer modern yang kita kenal hari ini.

ENIAC

Komputer Generasi Pertama (1940 – 1950)

Komputer elektronik pertama menggunakan tabung vakum, besar dan kompleks. Komputer tersebut adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Komputer ini mempunyai luas 167 meter persegi, berat 27 ton, dan mengkonsumsi daya 150 kilowatt dan terdiri dari ribuan tabung vakum, dioda kristal, relay, resistor, dan kapasitor.

IBM 1.401

Generasi Kedua Komputer (1955 – 1960)

Generasi kedua dari komputer muncul berkat penemuan transistor, yang kemudian mulai menggantikan tabung vakum dalam desain komputer. Komputer transistor mengkonsumsi listrik jauh lebih sedikit, menghasilkan lebih sedikit panas, dan jauh lebih kecil dibandingkan dengan generasi pertama, meskipun masih besar menurut standar sekarang.

Komputer transistor pertama dibuat di Universitas Manchester pada tahun 1953. Yang paling populer dari komputer transistor adalah IBM 1401. IBM juga menciptakan disk drive pertama pada tahun 1956 yaitu IBM 350 RAMAC.

Komputer Generasi Ketiga (1960)

IBM System/360

Penemuan sirkuit terpadu (IC), juga dikenal sebagai microchip, membuka jalan bagi pembuatan komputer seperti sekarang. IC terbuat dari potongan tunggal silikon yang merupakan semikonduktor menjadikannya jauh lebih kecil dan lebih praktis. Hal ini menjadikan transistor yang mempunyai bentuk yang relatif besar dibuat menjadi microchip.

Minicomputer pertama masih didasarkan pada non-microchip transistor, dan kemudian versi hibrida yang didasarkan pada kedua transistor dan microchip, seperti IBM System/360. Komputer ini jauh lebih kecil dan lebih murah daripada generasi pertama dan kedua dari komputer dan dikenal sebagai mainframe. Minicomputer merupakan jembatan antara mainframe dan mikrokomputer .

Komputer Keempat Generasi (1971 – sekarang)

Microchip pertama berbasis central processing unit terdiri dari microchip ganda untuk komponen CPU yang berbeda. Dorongan untuk mengintegrasikan kedua microchip ini menjadi chip tunggal dan membuatnya lebih kecil, di mana semua komponen CPU yang diperlukan dimasukkan ke sebuah microchip tunggal, yang disebut mikroprosesor. CPU chip atau mikroprosesor tunggal pertama adalah Intel 4004.

Munculnya mikroprosesor melahirkan evolusi dari jenis mikrokomputer yang akhirnya akan menjadi komputer pribadi yang kita kenal saat ini.

Microcomputer Generasi Pertama (1971 – 1976)

Altair 8800

Mikrokomputer pertama terlihat aneh, bentuknya kotak dengan lampu dan switch dan hanya digunakan untuk insinyur dan penggemar yang bisa memahami kode biner.

Mikrokomputer pertama masih menjadi perdebatan, tetapi banyak yang menganggap bahwa CTC Datapoint 2200 adalah mikrokomputer yang pertama. Alasannya karena dapat digunakan sebagai komputer mandiri, ringkas, dan menggunakan arsitektur multichip CPU yang menjadi cikal bakal arsitektur X86 yang digunakan pada IBM PC.

 Microcomputer Generasi Kedua (1977 – sekarang)

Commodore PET2001

Mikrokomputer terus berkembang menjadi lebih mudah untuk dioperasikan dan mudah diakses oleh khalayak yang lebih besar, dilengkapi dengan keyboard dan monitor, atau dapat dengan mudah dihubungkan ke TV, mendukung representasi visual dari teks dan angka di layar.

Dengan kata lain, lampu dan switch digantikan oleh layar dan keyboard, dan kesulitan untuk memahami kode biner berkurang karena program yang digunakan mempunyai perintah lebih mudah dimengerti. Contoh awal yang terkenal dari komputer tersebut termasuk Commodore PET, Apple II, dan IBM PC pada tahun 80-an

Sifat dari komponen elektronik yang mendasari komputer pada era ini tidak banyak berubah antara sampai saat ini, kecuali jumlah sirkuit yang dapat dimasukkan ke microchip tunggal. Co-pendiri Intel Gordon Moore memprediksi penggandaan jumlah transistor pada sebuah chip tunggal setiap dua tahun, yang kemudian dikenal sebagai “Hukum Moore”, dan kecenderungan ini telah sekitar bertahan selama lebih dari 30 tahun berkat untuk kemajuan proses manufaktur dan desain mikroprosesor.

Graphical User Interface (GUI)

Macintosh 128K

Mungkin yang paling signifikan dari perkembangan komputer adalah penemuan antarmuka pengguna grafis dan mouse sebagai cara mengendalikannya. Doug Engelbart dan timnya di Stanford Research Lab mengembangkan mouse pertama dan antarmuka pengguna grafis pada tahun 1968.

Penemuan tersebut dikembangkan lagi oleh para peneliti di pusat penelitian Xerox PARC pada tahun 1973 dan dikembangkanlah Xerox Alto, komputer pertama dengan GUI dan berpenggerak mouse. Xerox Alto tidak pernah menjadi produk komersial karena manajemen Xerox tidak siap untuk terjun ke pasar komputer dan tidak melihat potensi apa yang mereka pada saat itu.

Steve Jobs bernegosiasi dengan Xerox dan akhirnya membuat antarmuka pengguna yang user friendly disertai dengan mouse.  Pada tahun 1984 Apple memperkenalkan Macintosh, komputer yang diproduksi massal pertama dengan antarmuka pengguna grafis dan mouse.

Microsoft kemudian mengikuti langkah Apple dengan membuat OS Windows, dan persaingan bersejarah antara dua perusahaan dimulai, dan perbaikan antarmuka pengguna grafis terus dilakukan sampai saat ini.

Apple Macintosh dengan antarmuka pengguna grafisnya bermaksud untuk mengusir dominasi IBM yang pada saat itu masih menggunakan DOS, namun dengan kehadiran OS Windows dengan GUI-nya menjadikan hal itu lebih sulit.

Komputer portabel

Powerbook 150

Ternyata gagasan laptop atau komputer portabel awalnya dikemukakan oleh Alan Kay di Xerox PARC yang disebut dengan Dynabook dan ditujukan untuk anak-anak. Komputer portabel pertama yang diciptakan adalah Xerox Notetaker, tetapi hanya 10 yang diproduksi.

Laptop pertama yang dikomersialkan adalah Osborne 1 pada tahun 1981, dengan layar monitor CRT 5” dan keyboard. Laptop ini dijalankan dengan menggunakan  CP / M (OS yang dibeli Microsoft dan mempunyai dasar DOS). Kemudian komputer portabel selanjutnya adalah Bondwell 2 dirilis pada tahun 1985, juga menjalankan CP / M, yang merupakan salah satu laptop pertama dengan layar LCD berengsel. Compaq Portabel adalah komputer portable pertama  dari IBM yang berjalan  dengan MS-DOS, tapi kurang portabel ketimbang Bondwell 2. Contoh lain dari komputer portabel awal adalah Epson HX-20, GRiD compass, Dulmont Magnum, Kyotronic 85, Commodore SX-64, IBM PC Convertible, Toshiba T1100, T1000, T1200 dan lain-lain

Komputer portabel pertama yang menyerupai laptop modern dalam fiturnya adalah Apple Powerbooks, yang pertama kali diperkenalkan mouse terpadu  berupa trackball dan kemudian trackpad dan dengan pilihan layar LCD warna. IBM ThinkPad telah terinspirasi oleh desain Powerbook, dan evolusi dari keduanya menyebabkan laptop dan komputer notebook berkembang seperti yang kita kenal saat ini. PowerBook akhirnya digantikan oleh MacBook Pro.

Tentu saja, banyak dari evolusi komputer portabel, display LCD, teknologi baterai dan sebagainya banyak dipengaruhi oleh evolusi mikroprosesor. Evolusi ini pada akhirnya memungkinkan komputer bahkan lebih kecil dan lebih portabel dari laptop, seperti PDA, tablet, dan smartphone.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: