Semua tentang Tekinkom

Dalam dunia komputer, terdapat berbagai macam istilah yang digunakan. berikut adalah beberapa istilah dan definisinya:

0-Day: istilah khusus bagi para cracker/hacker yang berarti copy bajakan yang secepatnya diedarkan.
0-Day bisa berarti copy yang didistribusikan mulai hari ini yang sama dengan program aslinya, atau jarak antara crack dan publikasi copy bajakan. Atau, bisa juga berarti masa berlaku link-nya di Internet yang hanya beberapa jam.

3D-Now!™: merupakan perluasan dari teknologi MMX yang digunakan oleh prosesor AMD K6-2 dan K6-3.Teknologi ini berisi 21 operasi FPU baru dan berkat adanya proses pipelining, ia mampu melaksanakan 4 perhitungan FPU per siklus clock. Tetapi register FP dari 3D-Now! hanya dapat dipakai dalam salah satu mode – x87 atau MMX/3D-Now!. Perpindahan antara kedua mode ini akan memakan waktu, karena semua isi register akan hilang.

ACE: format file yang memungkinkan tingkat kompresi lebih tinggi dibandingkan Zip. Format ini sangat digemari para pembajak, tetapi juga digunakan untuk kompresi file yang legal.

ADC (Analog-to-Digital Converter): konverter analog ke digital. [lihat DAC]

Adware: sama dengan freeware, tetapi dibebani dengan pemunculan iklan. [lihat Careware, Freeware, Shareware, Spyware, Trialware, Public Domain]

Agent: istilah untuk sebuah alat jaringan TCP/IP terkonfigurasi untuk SNMP. Agent mengumpulkan informasi yang ditentukan oleh MIB dan laporan-laporan yang salah, dinamakan traps, untuk pos pengolahan SNMP.

ALU (Arithmetic Logic Unit): salah satu unit dalam CPU yang melakukan segala perhitungan aritmetik dan logika.

AMR (Audio Modem Riser): merupakan inovasi terbaru untuk motherboard Intel yang memberi fungsionalitas untuk Audio dan Modem. AMR memungkinkan pembuatan motherboard tanpa fungsi I/O analog, tetapi fungsi ini tetap dapat digunakan dengan menggunakan sebuah card terpisah — dengan chip codec — yang ditancapkan secara tegak lurus pada slot AMR. Pemisahan ini mengakibatkan kualitas audio menjadi lebih tinggi dan lebih cepat.

Animated GIF: gambar bergerak dalam format GIF yang tersusun dari beberapa frame. Saat diaktifkan, akan muncul gambar animasi yang sebenarnya adalah beberapa gambar GIF yang ditampilkan secara berurutan.

Animatronics: boneka Hydraulic yang dikendalikan oleh komputer.

API (Application Programmer Interface): sebuah interface yang dirancang untuk mengizinkan para pemrogram untuk mengakses layanan tingkat terendah/tertinggi dari sistem operasi Windows.

APM (Advanced Power Managment): suatu fasilitas yang dimiliki oleh beberapa BIOS yang akan menyebabkan suatu mesin/komputer memasuki state standby setelah komputer tersebut tidak melakukan aktifitas dalam jangka waktu tertentu. Pada laptop, APM juga bisa melaporkan status batere dan jika didukung, akan melaporkan perkiraan kapan batere tersebut akan habis.

Applet: pada dasarnya adalah java application yang dikurangi feature-featurnya seperti I/O functionnya. Hal ini karena masalah security. Coba bayangkan kalau applet bisa membaca dan meng- execute suatu file di komputer clientnya? Applet setelah dicompile, di-embed ke halaman web dengan tag khusus (<applet>). Banyak contoh-contoh gratis applet misalnya dari site ini (klik yang link applet) http://www.planet-source-code.com/xq/ASP/lngWId.2/qx/vb/default.htm atau dari ultimate-sitenya sun sendiri: http://java.sun.com (klik di link applet). [lihat JavaScript]

Appz: istilah yang digunakan pembajak/cracker yang menyatakan aplikasi segala jenis dan ukuran, baik legal maupun ilegal.

Armored Virus: suatu virus yang menggunakan trik khusus untuk menghindari dari usaha-usaha pelacakan, disassembly, dan pemahaman struktur pemrograman virus ini.

ARPAnet: eksperimen sistem perhubungan network yang dibuat oleh DARPA (Defence Advanced Research Projects Agency), dirancang untuk memperbaiki komunikasi antara wakil-wakil pemerintahan dan memungkinkan peneliti-peneliti mempelajari bagaimana membuat network-network yang dapat menahan bencana-bencana besar seperti perang nuklir atau bencana alam. ARPAnet kemudian akan menjadi Internet.

ASCII (American Standard Code for International Interchange): standar yang digunakan oleh semua komputer di dunia untuk konversi karakter. Boleh dibilang, ASCII adalah kumpulan karakter universal untuk semua jenis komputer; mulai dari mainframe, mini, hingga hand-held PC. ASP (Active Server Page): merupakan halaman Web dinamis dengan ekstensi .ASP yang menggunakan script ActiveX — biasanya VBScript atau Javascript. Ketika browser membuka sebuah halaman ASP, web server akan membuat sebuah halaman dengan format HTML dan mengirim kembali ke browser untuk ditampilkan. Halaman ASP mirip dengan script CGI, tetapi keduanya memungkinkan programmer Visual Basic bekerja dengan tool-tool yang tidak asing lagi.

Assembly: merupakan bahasa pemrograman komputer tingkat rendah (low level computer language)
yang menggunakan singkatan-singkatan yang disebut mnemonics.

Assembler: program yang menterjemahkan bahasa Assembly menjadi bahasa mesin agar dapat dieksekusi oleh CPU.

AT Command Set: standar industri untuk perintah komunikasi. Standar ini juga terkenal dengan nama Hayes Command Set. Bila sebuah modem dikatakan “Hayes-compatible”, maka berarti modem tersebut dapat menggunakan Hayes Command Set dan kompatibel dengan Hayes.

ATA (AT Attachment)/Standard-ATA: suatu standar antarmuka (interface) yang digunakan untuk menghubungkan hard disk IDE dengan bus AT (16-bit) (CD-ROM belum didukung) yang umumnya digunakan dalam komputer-komputer IBM PC/AT kompatibel. Kecepatan transfer data maksimumnya
8.3 MB/s dengan kapasitas hard disk maksimum 504MB, dan hanya mendukung penggunaan maksimum 2 hard disk. [lihat EIDE, SCSI]

ATA-2: pengembangan dari ATA yang mendukung sampai 4 device termasuk CD-ROM dengan kecepatan transfer maksimum 16.6 MB/s. [lihat Ultra-ATA, EIDE, SCSI]

ATM (Asynchronous Transfer Mode): merupakan teknologi pertama yang mampu mentransmisikan berbagai tipe lalu lintas seperti suara, video, dan data melalui mekanisme transmisi digital tunggal.

Attachment: file-file yang disertakan / disisipkan pada e-mail yang dikirim. [lihat E-Mail]

ATX: format motherboard masa kini yang susunannya terputar 90% dari Baby-AT/BAT, posisi kelompok komponen ditentukan dengan jelas, sakelar power supply memiliki fasilitas standby dan terkendali secara software, bidang kontak yang terjangkau dari luar, juga lebih banyak tempat untuk card yang panjang.

Audio-grabbing: membaca/menyalin data audio yang terdapat dalam format khusus pada CD.

AVI (Audio Video Interleave): merupakan format audio dan video yang digunakan oleh Windows, yang merupakan format umum untuk film dan video yang singkat. Sebuah klik film berdurasi 20 detik dalam format .avi bisa berukuran sebesar 3MB.

MacOS – Macintosh Operating System.

Macro Virus: jenis virus yang menginfeksi file dokumen. Dibuat dengan menggunakan bahasa Word
Basic atau bahasa macro.

Mailing List (Milis): suatu tempat diskusi melalui e-mail antara beberapa peserta online. Pada sebuah server mail khusus disimpan daftar berisi alamat e-mail peserta. Server mail ini sendiri dapat

dihubungi melalui alamat e-mail. Bila seorang peserta mengirimkan e-mail ke server, otomatis mail ini disebarluaskan kepada semua peserta yang tercantum dalam daftar.

MAN (Metropolitan Area Network): sistem jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan organisasi-organisasi di gedung-gedung pada suatu perkotaan (perkantoran, pabrik) dengan jarak kurang lebih 50 Km. [lihat LAN, WAN]

MBR (Master Boot Record): program kecil yang panjangnya sekitar 340-bytes dan terletak pada partisi hard disk. Program kecil ini akan menjalankan proses booting normal, dan juga membaca tabel partisi, mencari drive booting, dan menyerahkan kendali pada program yang terletak pada sektor pertama dari partisi tersebut, yaitu Boot Sector.

MIB (Management Information Base): kumpulan status informasi yang dipertahankan oleh agent
SNMP yang dapat dilihat oleh manajemen station SNMP. [lihat Agent, SNMP, TCP/IP]

Microkernel: berbeda dengan kernel monolithic, microkernel hanya berisi bagian-bagian terpenting (scheduler, routine inisialisasi, dan mungkin manajemen memori). Sisanya seperti driver, sistem file, interface grafis dan komponen jaringan merupakan program biasa bagi kernel. Keuntungannya: ia berukuran kecil, lebih sederhana dan batas antara memori komponen kernel dengan komponen user lebih baik. Dengan begitu microkernel lebih cocok untuk sistem paralel yang besar. Kelemahannya: kecepatan yang rendah dikarenakan perpindahan terus-menerus antara Kernel-Mode dengan User- Mode setidaknya memperlambat CPU Intel. BeOS contohnya menggunakan microkernel. [lihat Kernel Monolithic]

Microprocessor: lihat Processor.

MIME (Multipurpose Internet Mail Extensions): standar mail yang diperkenalkan oleh IETF yang menentukan prosedur-prosedur untuk penanganan pesan-pesan meliputi tipe-tipe isi campuran seperti grafik-grafik, teks, dan file-file binary lain. [lihat Base, IETF]

Mip-Mapping: tekstur-tekstur disimpan dalam bermacam-macam resolusi. Dengan demikian akan prosesor untuk objek-objek yang jauh berada di belakang tidak akan terbebani oleh detil-detil yang terlalu banyak. Objek-objek yang berada di depan memiliki tampilan yang lebih halus.(???)

MMX (Multi Media Extension): secara teknis merupakan suatu ekstensi dari mikroprosesor Intel yang berupa penambahan 57 instruksi baru, penambahan tipe data 64-bit yang baru, serta penambahan register sebanyak delapan buah yang dioptimalkan untuk instruksi-instruksi multimedia.

MOD-File: file berisi susunan material audio dan sampel instrumen. Dimainkan dengan program tracker.

Modem (Modulate/Demodulate): suatu alat bantu bagi komputer untuk berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan telepon.

Morphing: dikenal orang sebagai penggabungan bentuk atau gambar-gambar yang disempurnakan.

Motherboard: panel fiberglass yang diletakkan di dasar (pada casing desktop) atau di samping (pada casing tower) yang berguna untuk menghubungkan komponen-komponen sistem dengan cara dihubungkan dengan kabel atau ditancapkan langsung pada slot.

Motion Capture: pendeteksian gerakan seorang aktor melalui sensor-sensor yang biasanya diletakkan di seluruh tubuh.

Motion Compensation: informasi gambar yang berulang tidak diberikan untuk setiap gambar berikutnya, tapi melalui referensi vektor sehingga gambar bisa tampil lebih cepat dan mulus.

Moviez: film bajakan.

MP3: kompresi suara dengan menggunakan teknologi MPEG-1 Layer 3. Layer 3 dari MPEG-1 ini adalah lapisan suaranya saja. Untuk kualitas suara yang sama dengan format suara tanpa kompresi (contohnya kualitas CD Audio) mempunyai perbandingan kompresi antara 10:1 sampai dengan 12:1, atau dengan bahasa teknikal membutuhkan 128kbps untuk kompresi suara dengan format 44.1KHz stereo.

MPEG-1 (Moving Picture Experts Group): suatu standar yang dikembangkan oleh ISO untuk format kompresi file video dan audio. MPEG juga merupakan nama algoritma-nya. Sayangnya lisensi untuk format ini “belum” gratis, sehingga belum ada MPEG player yang open source… 8-(

MPEG-2: proses kompresi yang diperluas untuk data video, digunakan pada film DVD. Untuk playback file MPEG-2 dibutuhkan software dekoder dan prosesor yang handal atau dekoder MPEG hardware (card).
MPEG-3: proses kompresi yang dikembangkan untuk broadcast HDTV (High Definition Television). MPEG-6: digunakan oleh NASA untuk mentransfer rekaman pesawat tanpa awak Pathfinder di Mars. MPU 401: norma pada PC untuk mengontrol MIDI-Synthesizer. Ini mencakup port I/O dan interrupt. Multiprocessing: kemampuan suatu sistem komputer untuk menjalankan lebih dari satu proses
dalam satu waktu. Sistem operasi yang mendukungnya memperbolehkan beberapa program berjalan bersamaan. UNIX salah satunya yang menggunakan multiprocessing secara luas, dan banyak lagi yang lainnya, termasuk OS/2. Multiprocessing lebih rumit daripada single-process karena sistem operasi harus mengalokasikan sumber daya-sumber daya kepada proses yang “berlomba” memperebutkan sumber daya tersebut. [lihat SMP]

Multiprogramming: suatu mode operasi yang memungkinkan dieksekusinya dua atau lebih program komputer secara interleaved (selang-seling) oleh satu prosesor. [lihat Batch processing]

Multitasking: merupakan prosedur untuk menjalankan beberapa proses secara bersamaan (paralel)
pada sebuah CPU. Multitasking dilakukan oleh scheduler.

Multithreading: threads merupakan bagian dari proses, yang dapat dipisahkan untuk dijalankan secara paralel. Bila pembuat program merencanakan beberapa threads, sebuah sistem operasi multithreading dapat menjalankan threads secara paralel pada beberapa hardware (yang terbaik pada beberapa CPU).

Multiuser: prosedur yang memungkinkan beberapa orang menggunakan sebuah PC pada waktu yang sama. Sistem operasi dengan multiuser sudah pasti mampu melakukan multitasking.

False Alarm: suatu istilah yang sering digunakan oleh software anti-virus, yang maksudnya adalah melaporkan adanya virus tapi sebenarnya tidak ada (False Positive) atau gagal mendeteksi adanya virus padahal sebenarnya ada virus (False Negative).

FAQ (Frequently Asked Questions): sebuah dokumen yang meliputi jawaban-jawaban dari pertanyaan yang ditanyakan. Banyak pemakai tetap Usenet newsgroup mengembangkan FAQ mengenai kelompok mereka, dengan maksud menginformasikan kontributor baru sebelum mereka tertarik untuk menanyakan sebuah pertanyaan yang sudah banyak sekali diposkan. [lihat Usenet, Newsgroup]

Fast ATA: lihat ATA-2.Fast SCSI: lihat SCSI II.

FAT (File Allocation Table): merupakan suatu peta, atau index yang menunjuk lokasi dari file-file yang disimpan di disket atau hard disk. FAT sangat penting karena sistem operasi menggunakannya untuk menyimpan dan membaca file.

FDDI (Fiber Distributed Digital Interface): suatu lapisan fisik jaringan (physical layer) yang berkinerja tinggi, yang menggunakan kabel fiber optic untuk komunikasi. Hanya digunakan pada jaringan-jaringan besar, karena harganya yang mahal.

FIFO (First In, First Out): suatu struktur data atau buffer hardware yang mana item/data yang pertama kali dikeluarkan adalah data yang paling akhir masuk. Pipeline pada Unix merupakan contoh yang paling umum.

File Infectors (Virus): virus yang menempelkan dirinya (mengubah) pada file .COM dan/atau .EXE, meskipun ada beberapa virus file yang juga menginfeksi file berekstendi .SYS, .DRV, .BIN, dan/atau
.OV*. Kebanyakan virus ini bekerja secara TSR. Setelah aktif dimemori, virus akan ambil kendali sistem komputer. Beberapa virus file yang tidak TSR, menginfeksi file lain saat file bervirus dijalankan.

Firewall: suatu cara untuk melindungi jaringan, dengan router tunggal yang menyaring paket-paket yang tidak diinginkan. Banyak digunakan luas untuk melindungi pemakai jaringan internal bila melakukan akses ke Internet.

FireWire: standar bus eksternal yang sangat cepat yang memungkinkan transfer data hingga 400
Mbps (megabit/s). Produk yang mendukung standar ini (standar 1394) memiliki nama yang berbeda- beda, tergantung pabriknya. Apple, yang mengembangkan teknologi ini, menggunakan nama FireWire. Perusahaan lain menggunakan nama-nama lain, seperti i.link dan Lynx.Port 1394 tunggal
bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat eksternal sampai 63 perangkat. Walaupun sangat
cepat dan fleksibel, 1394 juga sangat mahal. Seperti USB, 1394 mendukung PnP dan hot plugging, dan juga menyediakan sumber daya (power) ke peripheral. Perbedaannya dengan USB adalah kecepatan dan harga. Untuk itu 1394 biasanya digunakan untuk perangkat yang membutuhkan aliran data yang cepat, seperti kamera video. [lihat USB]

Firmware: software khusus dari produsen yang disimpan dalam sebuah chip-ROM yang bersifat
(semi-) permanen.

Flash Memory: suatu jenis memori semikonduktor yang bersifat non-volatile, dan dapat diprogram ulang blok demi blok, bit demi bit tanpa harus dilepas dari rangkaiannya.

Flash-ROM: chip memori yang dapat dibaca dan diprogram, dan tetap menyimpan datanya tanpa aliran listrik.

Flip-Chip: suatu teknik proses pembuatan processor yang dikembangkan oleh IBM; kini juga dilakukan oleh AMD. Berbeda dengan wire-bounding, chip silikon tidak diikat dengan kawat emas, tetapi langsung dihubungkan dengan pin pada keramik. Susunan dasar dan tutupnya terbalik, sehingga disebut flip-chip.

FM-synthese: teknik pembuatan suara sintetik, di mana generator-generator sinus yang saling berkaitan akan menghasilkan bentuk gelombang yang kompleks. FM-synthese yang menjadi standar pada soundcard adalah chip OPL3 dari Yamaha.

FMS (File Management System): suatu sistem yang digunakan open sistem operasi atau program untuk mengatur file-file. Walaupun sistem operasi memiliki FMS sendiri, tetapi dengan FMS komersial bisa menawarkan fitur-fitur lainnya seperti backup dan proteksi file yang lebih baik.

Fog/Figging: kesan kedalaman yang tergantung pada jarak objek dari pengamatnya. Warna- warnanya akan ditambah dengan warna putih, sehingga timbu kesan berkabut (fog).

FPM-DRAM (Fast Page Mode-DRAM): jenis DRAM yang memungkinkan akses ke beberapa kolom alamat setelah penyampaian alamat baris: Kode yang timbul secara khas dengan lokalitas yang tinggi ini akan memberikan keuntungan dalam hal kecepatan. Abjad tambahan, yaitu F pada FPM-DRAM yang ada dipasaran menandakan bahwa proses penulisan kembali (re-write) bukan diperlukan setelah setiap sel memori dibaca, melainkan baru diperlukan pada saat pergantian halaman (Page-miss). [lihat DRAM, EDO-DRAM, SDRAM]

Fps (Frame per second): ukuran berapa banyak gambar yang dapat ditampilkan oleh sebuah program per detiknya. Nilai 24 fps sama dengan kecepatan tampilan gambar di bioskop, 25 fps sama dengan televisi. Semakin tinggi nilainya, semakin cepat pula sebuah graphic card dapat melaksanakan fungsi yang diminta dan semakin lancar pula gerakannya. Mulai 30 fps gambar sudah sangat mulus gerakannya.

FPU (Floating Point Unit): suatu chip yang khusus yang didesain untuk melakukan perhitungan floating-point. Prosesor yang memiliki FPU dapat menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu — khususnya aplikasi pengolah grafik — dengan lebih cepat dibanding yang tidak memiliki FPU. Prosesor yang tidak memiliki FPU, bisa ditambahkan chip FPU pada motherboard, tetapi semua prosesor saat ini sudah memiliki FPU terintegrasi didalamnya. FPU juga sering disebut numeric coprecessor, math coprocessor, dan floating-point processor.

Frame: istilah untuk unit dasar komunikasi dalam lapisan Data Link dari model referensi OSI. Frames dibuat menurut arsitektur network dari sistem khusus (seperti Ethernet, ARCNET, atau Token Ring). [lihat OSI Model]

Frame Relay: sebuah packet-switched WAN Technology yang memberikan hasil yang lebih cepat dari pachet-swithced WAN technologies lama seperti X.25. Pada frame relay network, node terakhir mengadakan hubungan melalui Permanent Virtual Circuit (PVC). [lihat WAN]

Freeware: salah satu jenis distribusi software dengan gratis, artinya pemakai bebas menggunakan program maupun memberikannya / meminjamkannya kepada orang lain tanpa dipungut bayaran. [lihat Adware, Shareware, Spyware, Trialware, Careware, Public Domain]

FTP (File Transfer Protokol): sebuah protokol dalam rumpun TCP/IP yang dirancang untuk meningkatkan pembagian dan transfer file disamping untuk memungkinkan pemakai platform yang berbeda untuk mengirimkan dan mendapatkan kembali file-file lainnya.

FYI (For Your Information): kelas khusus dari dokumen RFC (Request For Comment) yang telah ditulis untuk menjawab yang biasanya mengajukan pertanyaan mengenai Internet. [lihat RFC]

Palmtop: lihat PDA.

PAP (Password Authentification Protocol): suatu protokol yang digunakan oleh beberapa ISP untuk meng-autentifikasi client mereka. Dalam hal ini, client mengirim suatu pasangan identifier/password ke server, yang tidak terenkripsi. [lihat CHAP]

Parity Checking: suatu teknik yang dengan cepat mengecek integritas (keutuhan) data yang diterima setelah suatu transmisi atau data yang diterima dari memori. Untuk itu, pada setiap karakter yang (byte) yang ditransmisikan, ditambahkan satu bit ekstra yang disebut parity bit. Jadi kalau digunakan cek paritas, setiap byte data akan diwakili oleh sembilan bit, yakni delapan bit data dan satu bit paritas.

PCI (Peripheral Components Interconnect): suatu bus yang dibuat oleh Intel dan sekarang telah menjadi bus standar untuk arsitektur PC, dan arsitektur lainnya. PCI merupakan penerus ISA, dan PCI menawarkan beberapa kelebihan: pengenalan device, informasi konfigurasi, IRQ sharing, bus mustering dan banyak lagi.

PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Assosiation): suatuorganisasi yang terdiri dari sekitar 500 perusahaan yang menghasilkan sebuahstandar untuk perangkat komputer sebesar kartu kredit (credit card-sizeddevices) yang disebut PC Card. Mulanya didesain untuk menambahkapasitas memory bagi komputer portabel (notebook), tetapi standar PCMCIA telahdikembangkan beberapa kali dan sekarang cocok untuk device apa saja. Ada 3 jeniscard PCMCIA (semuanya berukuran panjang 85.6/54 mm dan lebar yang berbeda-beda):

1. Type I memiliki ketebalan sampai 3.3 mm, biasanya digunakan untuk menambahkan kapasitas ROM atau RAM pada komputer. Slot-nya hanya bisa menampung satu card Type I saja.
2. Type II memiliki ketebalan sampai 5.5 mm, biasanya digunakan untuk modem dan fax modem. Slot-nya bisa menampung satu card Type II atau dua card Type I.
3. Type III memiliki ketebalan sampai 10.5 mm yang mana terlalu tebal untuk suatu komputer portabel. Slot-nya bisa menampung satu card Type III atau kombinasi card Type I dan Type II.
4. Type IV memiliki ketebalan sampai 13.4 mm, dan seharusnya kompatibel dengan card Type I, Type II, maupun Type III. Type IV biasanya digunakan untuk alat-alat I/O dan komunikasi
yang memerlukan perangkat keras miniatur yang diintegrasikan.

PC Card bisa dipasang pada saat notebook nyala tanpa me-reboot sistem. Contohnya ketika kita akan mengirimkan suatu fax, kita tinggal menancapkan card fax modem, setelah selesai kita bisa mencabutnya tanpa mematikan notebook.

PDA (Personal Digital Assistant): merupakan suatu perangkat sebesar tangan yang mengkombinasikan fasilitas perhitungan, telepon/fax, dan networking. Suatu PDA pada umumnya berfungsi sebagai sebuah telepon selular, pengirim fax, dan personal organizer. Berbeda dengan komputer portabel, kebanyakan PDA menggunakan sebuah pen/stylus untuk input dibanding keyboard. Sehingga bisa mendukung fasilitas pengenalan tulisan tangan. Beberapa PDA juga sudah mendukung fasilitas pengenalan suara. Saat ini tersedia PDA dengan jenis stylus dan keyboard.PDA diperkenalkan oleh Apple Computer melalui produk Newton MessagePad pada tahun 1993. Tidak lama kemudian, beberapa produsen memproduksi produk yang mirip. Saat ini salah satu PDA terpopuler adalah Palm Pilots dari Palm, Inc.

Peer to Peer: model komunikasi dimana tiap pesertanya memiliki kapabilitas yang sama dan tidak seorangpun dari peserta dapat memulai suatu sesi komunikasi.

PGP (Pretty Good Privacy): sebuah program public key encryption yang sangan aman dengan sistem pengaman berupa Public key dan Private key. Program ini akan mengacak data e-mail dengan menggunakan Public key yang dimiliki si penerima e-mail, yang juga harus memiliki program PGP. Setelah e-mail tersebut sampai, maka di penerima dapat membaca berita Anda dengan menggunakan Private key yang tak diketahui orang lain. [download software di http://www.pgpi.com%5D

PHP (PHP Hypertext Preprocessor): merupakan script server-side yang disisipkan/embedded pada script HTML untuk membuat halaman web dinamis. Dalam dokumen HTML, script PHP (syntax-nya mirip dengan Perl atau C) diapit oleh tag PHP khusus (biasanya <? …… ?>), sehingga pembuat halaman web bisa dengan mudah “pindah” antara HTML dan PHP (mirip dengan ASP atau Cold Fusion) daripada bersusah payah membuat script “kelas berat” untuk menghasilkan HTML. Dan karena PHP “dikerjakan” di server, client tidak bisa melihat code PHP.PHP bisa melakukan semua yang bisa dilakukan CGI, tetapi kelebihan utamanya adalah kompatibilitas yang tinggi dengan berbagai jenis database. PHP juga bisa berkomunikasi menggunakan IMAP, SNMP, NNTP, POP3, atau HTTP. PHP dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Selama pertengahan tahun 1997, pengembangan PHP dipegang oleh kontributor lain. Dua diantaranya, Zeev Suraski dan Andi Gutmans, membuat PHP versi 3 (PHP3). Sekarang PHP sudah memasuki versi 4 dan sudah menjadi standar bagi sejumlah web server, termasuk RedHat.

Phreaker (Phone Breaker):sesuai namanya Phreaker bergerak di bidang telekomunikasi khususnya jaringan telepon. Phreaker menggunakan peralatan-peralatan elektronika yang dimodifikasi untuk menembus sistem telepon. Kaum Phreaker bisa menghilangkan pulsa, melakukan penyadapan telepon, pemalsuan kode kartu telepon, Kredit Card dan ATM.

PID (Process ID): sesuai namanya untuk identifikasi proses yang sedang berjalan. Satu program bisa menjadi beberapa proses. Oleh karena itu, masing-masing proses perlu diberi id sehingga ketahuan siapa yang menjalankan, alokasi memorinya dsb. Salah satu gunanya: kalau kita tidak suka proses itu berjalan di memori, tinggal “kill pid”… (tentunya sebagai root)

PIO (Programmed Input/Output): berfungsi dalam pen-transfer-an data ke alamat I/O tertentu yang dilakukan oleh prosesor. Tergantung pada modusnya, akan didefinisikan waktu siklus yang berbeda, karena itu kecepatan transfernya dapat mencapai antara 3,33 MB/s dan 16,66 MB/s pada PIO-Modus
0 dan 4. [lihat DMA]

Plain Text: merupakan data tekstual dalam format ASCII, sehingga bisa dibaca oleh sembarang teks editor atau oleh “mata telanjang”. Format ini sangatlah terbatas, karena tidak mengandung perintah- perintah pem-formatan. Dalam cryptography, plain text merupakan data yang belum/tidak ter-encrypt (kebalikannya cipher text).

Plausibility-Check: fungsi pengaman dengan mencocokan nama user dengan nomor serial sebuah software untuk menghindari penggunaan user-name dan nomor seri yang sama untuk copy program yang lain.

PMT (Photo-Multiplier Tube): teknologi sensor yang dipakai pada drum-scanner kelas puncak (high- end) yang biasa digunakan di perusahaan percetakan. Harganya sangat mahal dan cenderung sukar dioperasikan. Gambar yang akan di-scan harus dipasang dengan tepat pada sebuah silinder gelas yang kemudian diputar dengan kecepatan tinggi mengitari sebuah sensor yang terletak di pusat putaran. [lihat CCD dan CIS]

PNG (Portable Network Craphics): format file gambar yang dibuat khusus untuk web, dan telah dirancang untuk menggantikan format GIF dan memiliki beberapa kelebihan.

PnP (Plug and Play): suatu teknologi yang memungkinkan sistem untuk mengenali dan mengkonfigurasi hardware secara otomatis. Kita tinggal menancapkan (“Plug”) dan menggunakannya (“Play”). Tanpa PnP kita akan dipusingkan dengan konfigurasi DIP switch, jumper, dan konfigurasi lainnya. [lihat USB]

Pocket Computer: lihat PDA.

Polymorphic:merupakan salah satu teknik yang digunakan virus untuk mengacak (enkripsi) suatu rutin (tubuh virus) dengan cara yang berbeda-beda. [lihat Stealth]

POP3 (Post Office Protocol Version 3): protokol transfer yang digunakan di dalam Internet untuk e- mail yang masuk. [lihat IMAP, SMTP]

Port: merupakan terminal tempat menghubungkan komputer dengan perangkat eksternal, seperti printer, mouse, dsb. [lihat COM]

Posting: sebuah artikel tersendiri yang ada di dalam newsgroup.

Ppm (paper per minute): kecepatan cetak dalam halaman per menit.

PPP (Point to Point Protocol): protokol ini digunakan untuk mengirimkan data melalui kabel serial. Biasanya digunakan untuk mengirimkan paket IP ke Internet, tetapi bisa digunakan dengan protokol lain seperti protokol IPX Novell.

Prescan: preview hasil scan, untuk memberi kesempatan menentukan bagian gambar yang diinginkan serta setting lainnya.

Preemtive Multitasking: lihat Scheduler.

Print-server: komputer yang dikhususkan untuk tujuan mencetak atau sebuah adapter yang diaktifkan antara printer dan hub. Printer-server ini memungkinkan penggunaan printer oleh semua user yang terhubung ke network.

Processor: chip utama yang bekerja melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh program komputer.

Program: suatu urutan instruksi yang harus diikuti oleh prosesor komputer untuk mendapatkan suatu hasil yang didefinisikan. Program adalah satu-satunya antarmuka antara manusia dengan mesin komputer. Pada saat program tidak di-eksekusi, urutan instruksi yang ada tersimpan di mass storage (biasanya harddisk). Nah, untuk menjalankan suatu program, maka copy dari urutan instruksi yang ada di dalam program tersebut harus diletakkan ke dalam memori. Pada saat program sedang

berjalan, ini disebut proses. Awas, perhatikan beda program dan proses: Pada saat beberapa orang menjalankan SATU program yang sama dalam waktu yang sama (ingat time sharing), maka pada saat itu dapat kita katakan ada BEBERAPA proses yang berjalan, namun HANYA SATU program! Program secara umum dibagi menjadi dua: program utiliti dan program aplikasi. Program utilitas untuk satu tujuan umum, sedangkan program aplikasi untuk tujuan khusus, dan biasanya bisa jadi terdiri dari beberapa program utiliti. Sebagai contoh,program untuk pengawasan billing warnet dapat kita sebut sebagai aplikasi, sedangkan program yang memunculkan waktu secara terus menerus dapat kita sebut sebagai utilitas.

Proses (Task): terjadi bila sebuah program di-start, menduduki sebuah ruang alamat di memori dan masuk daftar tunggu scheduler. Pemberi perintah start program sendiri merupakan sebuah proses (biasanya sebuah shell) yang di sebut ‘parents’. Proses paling awal dalam sistem yang secara langsung maupun tak langsung merupakan asal dari semua proses lainnya, terjadi pada start kernel dan disebut ‘Init’. [lihat Scheduler, Kernel]

Public Domain: salah satu jenis distribusi software, tetapi selain program itu sendiri, produsen-nya memberikan source code dari program tersebut. [lihat Adware, Freeware, Shareware, Spyware, Trialware, Careware]

PVC (Permanent Virtual Circuit): hubungan logis antara dua point akhir pada frame-relay network. Bandwidth untuk PVC disebarkan secara dinamis. Ketika PVC tidak berfungsi, hubungan tetap aktif tetapi bandwidth dapat digunakan oleh PVCs lain.

DAC (Digital-to-Analog Converter): mengubah isi RAM video (digital) menjadi sinyal video (analog)
yang akan dikirimkan ke monitor. [lihat ADC]

Daemon: dalam GNU/Linux merupakan suatu sistem proses yang berjalan di background tanpa adanya campur tangan dari user. Biasanya daemon dijalankan pada saat boot, tetapi bisa juga pada saat sistem sedang berjalan.

DDR-RAM (Double-Data-Rate DRAM): jenis memori yang memiliki bus width sama dengan SDRAM, tetapi dapat mengalirkan data sebanyak dua kali lipat. [lihat SDRAM, DRAM, EDO-DRAM]

Decryption: proses penterjemahan data yang telah di-encrypt menjadi data yang sesungguhnya. Proses ini biasanya membutuhkan kode akses atau password.

Dekripsi: bahasa Indonesianya dari Decryption.

Depth Cueing: lihat Fog/Fogging.

DES (Data Encryption Standard): metoda enkripsi populer yang dikembangkan pada tahun 1975 dan distandarkan oleh ANSI pada tahun 1981 sebagai ANSI X.3.92. DES menggunakan sebuah key
56-bit dan tidak boleh disebarkan ke luar dari U.S. atau Canada jika tidak memenuhi persyaratan
BXA.

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol): protokol distribusi alamat IP, sama dengan BOOTP, tetapi juga meliputi kemampuan menugaskan kembali alamat-alamat IP yang tidak terpakai setelah jarak waktu penetapan sebelumnya. Standar DHCP meliputi kesesuaian backward untuk BOOTPs client. [lihat IP, BOOTP]

Differential SCSI: di sini semua sinyal dikeluarkan secara ganda, pada saluran pertama secara normal, pada saluran kedua secara berputar. Pada sisi penerima, sinyal yang telah dibalik ini akan berputar sekali lagi dan disatukan dengan sinyal yang normal. Melalui perbandingan gangguan- gangguan yang masuk, sinyal-sinyal ini kemudian di saring.

Digital Compositioning: penggabungan optis gambar film melalui komputer.DirectX: Software- interface rancangan Microsoft yang memungkinkan program untuk memanfaatkan fungsi-fungsi 3D dari graphic card, tanpa harus mengenal hardware secara langsung. [lihat OpenGL]

Disconnect/Reconnect: kemampuan untuk membebaskan SCSI-Bus setelah menerima sebuah perintah (Disconnect). Sampai diterima perintah transfer kembali (Reconnect), kontroler dapat memberikan perintah keperalatan SCSI yang lain.

DMA (Direct Memory Access): suatu teknik transfer data antar memori dengan modul I/O tanpa melibatkan CPU. CPU hanya mendorong transfer data, kemudian menarik diri dan menyerahkan pekerjaan selanjutnya ke kontroler DMA.

DNS (Domain Name Service): protokol TCP/IP dikembangkan untuk menterjemahkan alamat-alamat
IP ke dalam nama-nama host yang lebih mudah diingat. [lihat TCP/IP, IP Address]

Dolby Digital: format digital audio yang dikompresi dengan 6 saluran untuk suara 3D (dulu AC-3).

DOM Level 1 (Document Object Level 1): mendefinisikan standar pembuatan objek yang dengan bantuannya sebuah web browser dapat bekerja. Browser yang didalamnya memakai atau mendukung teknik DOM dapat mengoperasikan objek berupa teks, gambar, tabel, atau multimedia yang dibuat dalam satu kesatuan di dalam sebuah script. Ini berarti tidak akan ada lagi perbedaan antara JavaScript pada browser Netscape Communicator dan Jscript pada Internet Explorer. Dengan begitu, maka pada web surfer dapat menikmati web site yang dinamis dengan kedua browser tersebut.

Domain: pengelompokan logis sumber-sumber network.Download: proses di mana komputer Anda mengambil suatu file yang terdapat di komputer lain. Kebalikannya adalah Upload.

dpi (dot per inch): satuan ukuran dari resolusi display atau printer.

DPMS (Display Power Management System): protokol yang digunakan oleh semua monitor modern untuk memanfaatkan fasilitas power saving. Monitor yang mendukung fasilitas ini sering disebut sebagai “green monitor”.

DRAM (Dynamic Random Access Memory): bentuk yang paling umum dari sebuah Main Memory. DRAM menggunakan sebuah kapasitor untuk menyimpan, sehingga kecil dan murah untuk kapasitas besar. Semua sel memori tersusun dalam sebuah matriks yang diakses melalui sirkuit kontrol. Komponen memori sebagian besar terhubung keluar melalui sejumlah bus-data dan alamat tertentu serta melalui sirkuit kontrol yang penting, yaitu RAS dan CAS yang berfungsi sebagai sinyal alamat, dari matriks memori. Semua sel dalam sebuah baris disebut halaman atau “Page”. Kelemahannya: kecepatannya tidak begitu tinggi. [lihat EDO-DRAM, FPM-DRAM, SRAM, SDRAM]

Driver: program rutin yang menghubungkan hardware dengan sistem operasi.

DSU (Data Service Unit): sebuah alat yang memberikan terjemahan antara saluran telepon digital dan synchronous serial device, seperti router. Fungsional dari DSU biasanya terkombinasi dalam kotak yang sama seperti CSU (Channel Service Unit). [lihat CSU]

DUN (DialUp Networking): sebuah bagian sistem Windows 95 atau sesudahnya yang memungkinkan pemakai untuk membuat hubungan melalui modem dengan sebuah komputer luar, misalnya Internet Service Provider (ISP). Data-data yang diperlukan untuk mengatur Dial-Up ini diperoleh dari ISP. [lihat Modem]

DVD (Digital Versatile Disc): merupakan teknik CD yang disempurnakan, yang dapat memuat hingga
17 GB (GigaByte) pada 4 lapisan magnetiknya (2 di setiap sisi).

DVD-RAM: DVD yang bisa direkam ulang dengan kapasitas hingga 2,6 GB setiap sisinya. Oleh banyak orang dianggap sebagai media penyimpanan portable masa depan, tetapi masih belum menjadi standar resmi.

DVD-ROM: pengganti CD-ROM dengan kepadatan data yang tinggi dapat memuat hingga 17 GB. Saat ini baru DVD-5 dengan 1 sisi dan 1 lapisan magnetik (4,7 GB) yang banyak beredar.

DVD-5: DVD dengan 1 sisi dan 1 lapisan magnetik (4,7 GB)

DVD-9: DVD dengan 1 sisi dan 2 lapisan magnetik (8,5 GB) DVD-10: DVD dengan 2 sisi dan 1 lapisan magnetik (9,4 GB) DVD-18: DVD dengan 2 sisi dan 2 lapisan magnetik (17 GB).
E-Mail (Electronioc Mail): pertukaran pesan melalui BBS, Internet, atau jaringan LAN.

EDO-DRAM (Extended Data Out-DRAM): hampir mirip dengan komponen-komponen FPM, tetapi memberikan rentang waktu akses yang lebih panjang untuk membaca data. Keuntungan kecepatan aktual dibandingkan dengan FPM dihasilkan dari penggunaan sinyal CAS yang sedikit berbeda: Sinyal ini tidak lagi menandakan kesiapan sel-sel memori untuk dibaca melalui tepi naik pulsa CAS – sebagai gantinya digunakan sinyal “Output-Enable” yang biasa disingkat OE. Oleh karena itu, setelah waktu istirahat yang singkat, alamat kolom berikutnya sudah dapat diminta: Ini akan mengurangi waktu siklus akses danmemungkinkan kecepatan pengolahan memori (memory processing speed) yang lebih tinggi. [lihat DRAM, FPM-DRAM, SDRAM, SRAM]

EIDE (Enhanced Integrated Device Equipment): merupakan port standar untuk media penyimpanan seperti CD drive atau harddisk yang merupakan pengimplementasian dari ATA-2 . Perangkat EIDE dihubungkan dengan kabel pipih 40-pin. [lihat ATA, IDE, SCSI, Ultra-ATA]

ELF (Executable and Linking Format): merupakan format file binary yang digunakan oleh kebanyakan distro GNU/Linux.

Emulator Methode: salah satu metode pendeteksian virus jenis polymorphic (yaitu virus yang mampu merubah rutin dekriptor untuk setiap penularannya, akibatnya virus turunannya sama sekali berbeda dengan induknya). Metode ini bekerja dengan cara menjalankan virus secara virtual dalam memori (tanpa benar-benar dijalankan). Tujuannya, agar dapat membuka enkripsinya dan mencapai entry point dari virus yang sebenarnya, sehingga dapat dengan mudah mendeteksi virus. Metode ini masih terus dikebangkan seiring dengan perkembangan virus iru sendiri yang semakin hari semakin canggih.

Encoding: proses pengkonversian file WAV menjadi file MP3. Softwarenya disebut encoder.[lihat
Ripping]

Encryption: “pengacakan” data menjadi suatu kode rahasia. Encryption merupakan suatu cara yang efektif untuk mengamankan data. Untuk membaca file yang ter-encrypt, harus memiliki kode akses atau password supaya data tersebut bisa di-decrypt. Data yang belum ter-encrypt disebut plain text; sedangkan yang ter-encrypt disebut sebagai cipher text.

Enkripsi: bahasa Indonesianya dari Encryption.

EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory): komponen memori yang hanya dapat diprogram ulang dengan sebuah burner khusus.

ERP (Enterprise Resource Planing): mengintegrasikan semua proses dalam perusahaan, mulai dari produksi, personalia, hingga keuangan dalam sebuag solusi EDP. Komunikasi Internet dan E- Commerce termasuk di situ. Perusahaan yang membuat produk ERP terkenal adalah SAP.

ESCD (Extended System Configuration Data): sebuah format yang berfungsi sebagai media penyimpanan data semua peripheral yang terpasang pada komputer, terutama Legacy Device. Semua konfigurasi yang terdapat dalam ESCD dapat disimpan dalam sebuah file atau dalam memori. Pesan “Updating ESCD” yang muncul setiap kali PC dinyalakan merupakan konfirmasi dari BIOS bahwa konfigurasi Plug and Play dari ESCD telah disimpan ke dalam ESCD CMOS memory.

Ethernet: standar internasional untuk protokol komunikasi data pada jaringan komputer. Ethernet mengacu ke standar IEEE 802.3. Asal katanya adalah “ether” … kata pemberi nama pertama: mengingat sifatnya ke medium jaringan untuk meneruskan data, sama dengan penggunaan zat ether (sejenis gas) yang sebelumnya pernah digunakan untuk melewatkan gelombang elektromagnetik di

udara.😉. Lebih jauh ttg Ethernet, silakan search di http://www.google.com dengan keywords: “Ethernet, what is Ethernet?” atau bisa lansung ke http://www.ots.utexas.edu/ethernet/ .

S-HTTP (Secure HTTP): suatu pelengkap dari HTTP yang mendukung pengiriman data secara aman di Internet. Tidak semua browser dan server mendukung protokol ini. Tapi protokol Secure Socket Layer (SSL) lebih umum. Kedua protokol SSL dan S-HTTP tidak bisa digunakan secara bersama- sama, karena SSL berkerja dengan membuat koneksi yang aman antara dua komputer, S-HTTP didesain untuk mengirimkan pesan dengan aman secara individual. Kedua protokol S-HTTP dan SSL telah disetujui oleh IETF. S-HTTP dikembangkan oleh Enterprise Integration Technology (EIT), yang dibuat oleh Verifone, Inc. pada tahun 1995.

Scan Signature: salah satu metode pendeteksian virus dengan cara membandingkan urutan-urutan data dan/atau instruksi (signature) dari program yang hendak di-scan. Dalam metode ini dibutuhkan suatu database dati tiap signature dari virus. Semakin banyak signature dari virus, maka semakin akurat pula pen-scan-an yang dilakukan.

Scheduler: sebuah routine (biasanya bagian dari kernel) yang mengelola daftar semua proses sistem operasi dalam sebuah atau beberapa antrian. Prosedur scheduling paling terkenal adalah ‘Round- Robin’, yang berkerja dengan sebuah antrian daftar yang sambung menyambung. Setiap proses mendapatkan interval waktu (quantum). Berdasarkan daftar antrian, scheduler membiarkan proses demi proses berjalan dan memberikan waktu CPU. Bila sebuah proses belum selesai hingga waktu habis, scheduler menghentikannya dan memberi giliran pada proses selanjutnya dalam daftar antrian. Proses scheduling tersebut disebut Preemtives Scheduling atau terkenal denganPremmtive Multitasking. [lihat Cooperative Multitasking, Multitasking]

SCO – Santa Cruz Operation, Inc.

SCSI (Small Computer System Interface): standar interface untuk menghubungkan alat-alat peripheral (hard disk, printer, dll) dengan sistem komputer menggunakan kabel bus khusus untuk keperluan transfer data. Device yang di dukung sampai 8 buah dengan menggunakan controller sendiri. Spesifikasi SCSI dimaksudkan untuk external device. [lihat ATA, IDE, Ultra-ATA]

SCSI-I: SCSI yang bekerja dengan bus 8-bit dan mentransfer data dengan mode tak-sinkron hingga 5
MB/s.
SCSI-II: SCSI-I dengan transfer data sampai 10 MB/s. [lihat Wide-SCSI, Ultra-Wide SCSI]

SDRAM (Synchronous DRAM): merupakan perkembangan lebih lanjut dari DRAM. Berbeda dengan DRAM yang tak-sinkron (asynchroneous), di sini dibangkitkan sinyal clock sebagai penentu waktu bagi sinyal-sinyal lainnya. Ini memungkinkan hubungan yang lebih halus lagi antara RAM dan chipset, sehingga dapat tercapai siklus akses yang lebih singkat. Selain itu – sama halnya seperti Burst-EDO- DRAM – SDRAM dapat menunjang burst mode: Dalam mode ini akan selalu dibaca/ditulis empat paket alamat yang berurutan. Dengan demikian, setelah mengirim sinyal burst akan dibutuhkan lebih sedikit siklis clock per akses. Sinyal burst dapat diperpanjang untukempat paket alamat berikutnya. Peningkatan kecepatan yang dihasilkan dari proses ini terutama sekali akan terasakan dalam pertukaran data dengan cache-memory, karena biasanya yang terlibat dalam pertukaran data ini adalah sejumlah besar alamat yang letaknya berurutan. [lihat FPM-DRAM]

Sector: bagian-bagian dari suatu track. Kumpulan sector disebut Track. [lihat Boot Record]

Sector Mapping:karena SCSI bekerja dengan nomor blok logika, bukan dengan alamat silinder, head, dan sektor secara eksplisit (CHS, Cylinder/Head/Sector), untuk PC-BIOS harus disimulasikan pembagian buatan. Ini dikerjakan oleh BIOS dari kontroler SCSI secara otomatis, sementara isian BIOS komputer yang sesuai akan tetap kosong. Mapping ini sekaligus menghindari keterbatasan BIOS jenis lama yang dapat mengalamati tidak lebih dari 1024 silinder, 16 head, dan 63 sektor per track (maksimal 504 MB).

Semikonduktor: suatu elemen (unsur) atau suatu campuran (compound) yang daya hantar listriknya berada antara sebuah isolator dan sebuah penghantar (konduktor). Karena itu disebut semikonduktor (‘semi’ artinya ‘setengah’).

Serialz: nomor serial atau registrasi yang digunakan untuk tujuan ilegal.

SFX (Special Effects): trik-trik yang dilakukan langsung di saat pengambilan gambar oleh kamera.

SGML (Standar Generalized Markup Language): suatu sistem untuk mengorganisasi dan men-
tagging elemen-elemen dari suatu dokumen. SGML dibuat dan distandarkan oleh ISO pada tahun
1986. SGML sendiri tidak menspesifikasikan pemformatan khusus, tetapi lebih kepada aturan pen- tagging-an. Tag-tag ini kemudian diterjemahkan untuk mem-format elemen-elemen dalam beberapa cara. SGML digunakan secara luas pada dokumen-dokumen besar yang membutuhkan pembaharuan secara rutin dan yang butuh dicetak dalam beberapa format berbeda. Karena merupakan sistem yang besar dan kompleks, SGML belum bisa digunakan secara luas pada PC. Tetapi sudah ada HTML yang menterjemahkan tag-tag menurut aturan-aturan SGML. [lihat XML]

Shareware: salah satu metode distribusi software dengan konsep coba dulu baru beli (‘try before buy’). Software yang di-coba biasanya dibatasi, baik jangka waktu pemakaiannya maupun fasilitas. Untuk menggunakan versi penuh (full version) dari software tersebut, kita diharuskan membayar kepada pembuat software-nya sehingga kita akan diberikan kode atau password atau patch untuk menghilangkan batasan waktu atau fasilitas pada software tersebut. [lihat Adware, Freeware, Spyware, Trialware, Careware, Public Domain]

SIMD (Single Instruction Multiple Data): satu teknologi pengolahan data yang diperkenalkan pada prosesor Pentium III di mana satu instruksi dapat dipakai untuk menangani banyak data sekaligus. Tujuannya jelas, yaitu untuk mempercepat proses eksekusi perintah atas banyak data.

Sistem Operasi: suatu program yang mengelola semua sumber daya komputer melalui proses- proses yang dijalankannya. Sistem Operasi misalnya MS-DOS, Windows 95/98, Unix, Linux. Sistem Operasi MSDOS pada dasarnya juga sama rumitnya dengan sistem operasi Linux. Bedanya adalah MSDOS hanya dapat mengelola satu proses pada satu saat, sedangkan Linux dapat mengelola lebih dari satu proses pada satu saat.

SLI (kabel): dibutuhkan untuk menghubungkan dua buah card Voodoo (kalau tidak salah Voodoo I
atau II).

Slot-One/Slot-1: soket Intel yang berbentuk memanjang untuk modul processor seri Pentium II. Protokol bus-nya diambil dari Pentium Pro (Socket 8).

SMART (Self Monitoring, Analysis, and Reporting Technology): suatu sistem peringatan dini menghindari hilangnya data akibat kerusakan drive dengan peringatan pada waktu yang tepat.

SMB (Server Message Block): protokol yang digunakan oleh mesin-mesin Windows (9x atau NT)
untuk sharing file dan printer melalui jaringan. [lihat CIFS]

SMP (Symetrical MultiProcessing): suatu cara untuk menjalankan beberapa CPU yang setara haknya dengan multitasking murni.

SMTP (Simple Mail Transport Protocol): protokol transfer yang digunakan untuk mengirimkan e-mail dari sebuah mailserver. [lihat POP3]

SNMP (Simple Network Management Protocol): sebuah protokol manajemen yang dirancang untuk mengizinkan device network TCP/IP untuk menukar konfigurasi dan status informasi. [lihat Agent, MIB]

Socket-7: soket “pin grad array” (PGA) berbentuk kotak untuk processor sekelas 586 (Pentium klasik, Pentium MMX, AMD K6-2/3DNow!, AMD K6-III, IDT, dan Cyrix).

Spyware: istilah yang digunakan pada software dari perusahaan iklan atau yang lebih mengkhawatirkan dari para hacker untuk mendapat data-data pelanggan atau data pribadi ketika software tersebut dijalankan. [lihat Adware, Freeware, Shareware, Trialware, Careware, Public Domain]

SRAM (Static Random Access Memory): memori statik ini menggunakan sakelar elektronik (flip- flop) untuk menyimpan. Secara teknis flip-flop pada SRAM lebih rumit dari kapasitor pada DRAM. Karena lebih cepat, SRAM digunakan untuk cache L1 dan L2.

SSL (Socket Secure Layer): sebuah protokol yang dikembangkan oleh Netscape untuk transmisi dokumen pribadi melalui Internet. SSL menggunakan sebuah private key untuk meng-enkripsi data yang ditransfer melalui koneksi SSL. Netscape Navigator dan Internet Explorer mendukung SSL, dan banyak web site yang menggunakan protokol ini untuk mendapatkan data-data pribadi pengunjungnya, seperti nomor kartu kredit. Halaman web yang menggunakan SSL biasanya diawali dengan https: sebagai pengganti http:. Selain SSL ada juga protokol S-HTTP (Secure HTTP) untuk pengiriman data secara aman di Internet. Sementara SSL membuat sebuah koneksi yang aman antara client dan server untuk pengiriman beberapa data secara aman, S-HTTP didesain untuk mengirim data secara individu. Tetapi keduanya boleh dibilang teknologi yang saling melengkapi daripada yang saling bersaing. Keduanya disetujui sebagai standar oleh IETF.

Stealth: salah satu teknik yang digunakan oleh virus untuk menyembunyikan kehadirannya setelah virus berhasil mengambil alih kendali sistem operasi. [lihat Polymorphic]

Stereo-Basic Width: pengembalian sinyal stereo ke masing-masing kanal setelah fasa sinyalnya diputar. Ini menghasilkan kesan akustik, di mana kedua speaker seakan-akan terpisah lebih jauh dari yang sebenarnya.

StoreX: Project StoreX adalah sebuah gerakan dari Sun Microsystem, untuk mengembangkan aplikasi memori terbuka. Teknologinya berbasis Java. Kelebihannya: software memori yang telah ditulis dapat dijalankan pada semua platform dalam lingkungan Java.

Storyboard: sebuah pedoman kasar berupa gambar-gambar yang dibuat oleh ilustrator untuk setiap pengambilan gambar melalui kamera.

Streaming: transmisi secara urut (sequence) data video atau suara terkompresi melalui internet dan ditampilkan oleh aplikasi. Aplikasi di klien akan langsung menampilkan video atau suara tanpa menunggu keseluruhan data selesai diambil. Jika diakses oleh lebih dari satu user, maka semua user akan mendapat tampilan/suara yang sama secara bersamaan. Teknologi ini memungkinkan kita membroadcast sebuah acara secara live. Streaming suara yang lebih populer diimplementasikan adalah broadcast radio FM. Dengan teknologi ini sebuah radio FM tidak hanya didengar di seputaran pemancarnya, tapi juga mendunia. Aplikasi klien dipopulerkan dengan diintegrasikan melalui browser atau pada saat streaming dimulai browser memanggil aplikasi lain untuk menjalankan streaming.

SVGA (Super Video Graphics Array): standar layar yang dibuat oleh VESA untuk arsitektur PC. Resolusinya adalah 800x600x16 warna.

Cache: memory sementara (buffer), antara komponen yang cepat dengan yang lambat, untuk meringankan beban komponen yang lambat dan memungkinkan akses data yang lebih cepat.

Cache-Hit: suatu keadaan dimana data yang diminta oleh unit yang lebih tinggi (procesor) ada di dalam cache, sehingga permintaan dapat dilayani dengan cepat.

Cache Level 1 (L1): tingkat cache teratas dalam hierarki yang berada di dalam processor dengan kapasitas memori terkecil, termahal, dan tercepat.

Cache Level 2 (L2): cache yang lebih besar yang dipasang di motherboard. Sekarang juga ada dalam modul processor (Pentium® II) atau dalam processor itu sendiri (Pentium® Pro).

Cache-Miss: suatu keadaan dimana data yang diminta tidak ada dalam cache, sehingga harus diambil dari unit di bawahnya (RAM, Harddisk, dst) yang cukup memakan waktu.

Careware: salah satu jenis distribusi software yang mana pembuatnya tidak mengharapkan imbalan uang dari seseorang, melainkan lebih menyarankan pemakai tersebut untuk mulai memperdulikan lingkungan atau kehidupan sosial disekitarnya. [lihat Adware, Freeware, Shareware, Spyware, Trialware, Public Domain]

CCD (Charge-Coupled Device): suatu peranti elektronik yang terdapat pada scanner. Biasanya terdiri dari ribuan elemen CCD yang tersusun dalam satu baris memanjang. Scanner memancarkan sinar yang kuat melalui filter RGB dan cahaya pantulannya diarahkan ke elemen CCD melalui sistem lensa dan cermin. CCD ini bertindak sebagai fotometer yang mengubah kekuatan cahaya pantulan tersebut menjadi tegangan analog. Tegangan analog ini selanjutnya diberikan ke ADC agar dapat diolah lebih lanjut oleh komputer. [lihat CIS, PMT]

CD-R (CD-Recordable): media penyimpanan yang datanya hanya dapat di-burn, dan dibaca kembali tetapi tidak dapat dihapus. Cirinya adalah warnanya: emas, hijau, dan biru.

CD-RW (CD-ReWriteable): media penyimpanan yang dapat direkam dan dihapus hingga 1000 kali.

CGI (Common Gateway Interface): patokan yang menetapkan bagaimana cara mengirimkan informasi antara web server dan program CGI. Program CGI adalah suatu program yang didesain untuk menerima dan mengembalikan data yang sesuai dengan aturan CGI. Program tersebut bisa ditulis dengan bahasa pemrograman manapun, termasuk C, Perl, Java, atau Visual Basic.Cara yang paling sering digunakan oleh Web server untuk berinteraksi dengan user secara dinamis adalah melalui CGI. Contohnya, banyak halaman HTML yang berisi form menggunakan CGI untuk memroses data yang diisikan user pada form tersebut setelah data tersebut di-submit. Tetapi ada cara lain yang menggunakan script atau program yang langsung berjalan di komputer user. Program-program ini bisa berupa applet Java, Javascript, atau ActiveX. Teknologi ini disebut sebagai client-side solutions, sementara yang menggunakan CGI disebut server-side solutions karena pemrosesan terjadi di web server. Masalah yang timbul dengan penggunaan CGI adalah bahwa setiap sebuah script CGI dieksekusi, sebuah proses dimulai. Untuk web site yang sibuk, hal ini bisa menurunkan kinerja server. Adasatu solusi yang lebih sulit diimplementasikan, yaitu menggunakan API server, seperti ISAPI atau NSAPI. Cara lainnya yang lebih populer adalah menggunakan Java servlets. [lihat PHP]

CGI (Computer Generated Imaging): ungkapan untuk kemampuan mengerjakan gambar digital.

CHAP (Challenge-Handshake Authentication Protocol): protokol yang digunakan oleh ISP untuk memastikan/memeriksa client mereka. Dalam hal ini, sebuah “angka” dikirim ke client (komputer yang connect), client menghitung sebuah hash dari “angka” tesebut yang mana akan dikirimkan ke server, dan server membandingkan hash yang dimilikinya dengan hash dari client. Tapi, dalam PAP berbeda, PAP akan me-reauthenticates dalam periodik waktu tertentu setelah authentication awal.

Chipset: suatu chip pada motherboard yang berfungsi untuk mengendalikan bus memori, cache, dan hubungan ke komponen lain. Jumlah komponennya sebanyak processor, sehingga terkadang dipakai beberapa chip.

CIFS (Common Internet FileSystem): suatu file system sebelum SMB, yang digunakan pada sistem
DOS. [lihat SMB]

Cipher Text: data yang telah di-encrypt, sehingga datanya tidak dapat dibaca sampai dikonversi (di- decrypt) menjadi plain text.

CIR (Committed Information Rate): angka garansi minimum keseluruhan untuk PVC (Permanent
Virtual Circuit) dalam frame-relay network.

CIS (Contact Image Sensor): teknologi sensor yang relatif baru yang mulai dipakai dalam scanner di akhir tahun 90-an. Scanner CIS menggunakan deretan LED RGB untuk menghasilkan cahaya putih dan menggantikan lensa/cermin pada scanner CCD dengan sebaris sensor yang letaknya berhimpitan dengan gambar yang akan di-scan.

Client: suatu PC pada network yang menyediakan antarmuka bagi suatu aplikasi/data yang bersifat residen pada server. Dalam lingkungan client-server, client menunjuk proses atau program yang menyampaikan permintaan-permintaan kepada dan menerima jawaban-jawaban dari server.

CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor): suatu area memori yang digunakan oleh komputer untuk menyimpan informasi sistem. CMOS menggunakan tenaga batere untuk menyimpan data RAM, sebetulnya CMOS ini digunakan untuk menjaga informasi tanggal dan jam selama komputer dimatikan. Memori CMOS tidak memiliki sisa ruang dan tidak bisa dijalankan. Virus bisa saja mengubah-ubah data yang ada pada memori CMOS, tapi virus tida bisa ngumpet di sana.

Computer: lihat Komputer.

CMYK: sistem warna yang digunakan pada sistem cetak 4 warna (pencampuran warna subtraktif)
dengan warna Cyan, Magenta, Yellow, dan Hitam (Key).

COAST (Cache-on-a-stick): bentuk khusus L2, yang dapat diganti-ganti seperti RAM dan ditempatkan pada modul.

Color Calibrate: lihat Kalibrasi Warna.

Color Depth: lihat Kedalaman Warna.

COMM (Communication Port – 1, 2, 3, dan seterusnya): suatu port yang menghubungkan komputer dengan perangkat eksternal seperti printer, mouse, scanner, modem, dll. COM 1 (artinya communication port pertama, sering juga disebut sebagai port serial pertama) biasanya menyatu dengan motherboard komputer. Port kedua dan seterusnya diberi nomor 2, 3, 4.

Command Queueing: apabila sebuah peralatan dapat menunjang command queueing, berarti ia dapat menyimpan untuk sementara waktu sampai 256 perintah dan melaksanakannya secara berurutan atau berdasarkan urutan baru. Kontrolernya harus mampu menandai permintaan- permintaan (tagging) untuk dapat menyusun hasil-hasil yang masuk di dalam urutan perintah baru. Oleh karena itu istilah ini sering disebut “tagged command queueing”.

Compatibility/Compatible: sifat yang memungkinkan pemindahan data yang mudah dari suatu peralatan ke peralatan lain, atau dari suatu program ke program lain.

Control Unit: salah satu unit dari CPU yang mengambil instruksi-instruksi dari memori dan men- decode serta mengeksekusinya, serta akan memanggil ALU jika diperlukan.

Cookies: sekumpulan data pribadi pengunjung website, yang disimpan oleh browser pada PC pengunjung itu sendiri. Pada kunjungan berikutnya, data tersebut otomatis dikirim ke server web yang bersangkutan.

Cooperative Multitasking: men-syaratkan proses untuk memberitahu scheduler, kapan ia boleh diinterupsi. Kelemahannya: proses yang mengalami crash membuat sistem operasi lumpuh. Windows
3.11 misalnya menggunakan prosedur ini. [lihat Preemtive Multitasking]

CPU (Central Processing Unit): CPU merupakan otak komputer. Kadang sering disebut sebagai pemroses atau pusat pemrosesan, CPU merupakan tempat diprosesnya semua perhitungan, sehingga CPU merupakan elemen terpenting dalam suatu sistem komputer. Pada komputer-komputer skala besar (server), digunakan beberapa CPU dalam satu sistem komputer, sedangkan pada workstation atau PC, CPU ditempatkan pada satu chip yang disebut microprocessor. Dua komponen terpenting dalam CPU adalah: ALU dan Control Unit.

Cracker: orang-orang yang masuk ke sistem komputer secara illegal dan di sana memanipulasi dan/atau mencuri data. Juga berarti orang yang melakukan Cracking.

Cracking: dalam istilah pembajakan, yaitu menyingkirkan proteksi copy, biasanya dengan membongkar dan memodifikasi (patching) file EXE.

Crossover (kabel): kabel UTP dengan 4 kabel yang saling ditukar (crossover) satu sama lainnya untuk menghubungkan dua buah PC secara langsung.

Cryptography: suatu seni untuk memproteksi suatu informasi dengan meng-encrypt -nya menjadi informasi yang tidak terbaaca, disebut cipher text. Hanya pemilik kode akses atau password lah yang bisa men-decrypt-nya menjadi plain text. Kadang-kadang data yang ter-encrypt bisa “dibongkar” oleh seorang cryptanalysis, juga disebut codebreaking, walaupun teknik cryptography modern secara virtual tidak terbecahkan. Semenjak Internet dan komunikasi elektronik menjadi lebih umum, keamanan elektronik menjadi lebih penting. Cryptography digunakan untuk mem-proteksi e-mail, kartu kredit, informasi, dan data perusahaan. Salah satu yang paling populer adalah Pretty Good Privacy (PGP) karena sangat efektif dan gratis.

CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection): merupakan teknik Medium Access Control (MAC) yang paling banyak digunakan pada topologi bus dan star dewasa ini. Versi orisinil baseband dari teknik ini pertama kali dirancang dan dipatenkan oleh Xerox sebagai bagian dari Ethernet LAN yang dikembangkannya.. Sedangkan versi broadband-nya dirancang dan dipatenkan oleh MITRE sebagai bagian dari MITREnet LAN yang dikembangkannya. Semua pengembangan ini menjadi dasar bagi standar IEEE 802.3 untuk CSMA/CD.

CSS 1 (Cascading Style Sheet Level 1): memberikan atribut untuk menambah variasai tampilan teks pada browser baik berupa bentuk normal, italic, bold, pewarnaan, dan besar ukuran huruf serta atribut lainnya yang dapat didefinisikan untuk semua dokumen.

CSS 2: merupakan versi yang lebih baik dari CSS 1 dalam hal typografi (jenis huruf). Huruf dapat digunakan dan ditata dengan dinamis tanpa harus diinstalasikan di komputer pengunjung. Dengan bantuan CSS 2, web designer mampu membuat halaman tertentu yang didalamnya terdapat header dan footer halaman sebagai bar navigasi. Gambar dan teks dapat dipindahkan antar folio satu dengan yang lain dengan mudah melalui bantuan script. CSS 2 juga mampu menampilkan halaman web dalam berbagai hardware seperti monitor, tv, palm PC, dan handycam sambil tetap menyesuaikan ukuran hardware yang bersangkutan. Hingga kini, standar CSS 2 masih digunakan sebagai standar nomor satu untuk membuat suatu web site.

CSU (Channel Service Unit): sebuah alat yang memelihara sinyal informasi dari DSU (Data Service Unit) agar melindungi pembawa network umum dari peralatan pelanggal yang rusak. Fungsionalitas dari CSU biasanya dikombinasikan dalam kotak yang sama dengan DSU.

UDF (Universal Disk Format): suatu format yang akan menggantikan format ISO 9660, mampu mengirim data hingga beberapa Terabyte, cocok untuk DVD. [lihat CD]

Ultra-ATA/33: standar yang lebih maju dari Fast-ATA yang tidak lagi menggunakan mode PIO, tetapi mode DMA. Walaupun demikian, standar ini kompatibel dengan IDE. Transfer maksimum yang dicapai adalah 33.3 MB/s. [lihat ATA, EIDE, SCSI]

Ultra-ATA/66: pengembangan dari Ultra-ATA/33 dengan transfer maksimum 66.6 MB/s. Standar ini menggunakan kabel baru 80-pin.

Ultra-Wide SCSI: Wide SCSI dengan transfer data 40 MB/s. [lihat Wide SCSI, SCSI]

Ultra2-Wide SCSI: sebagai penambal kelemahan SCSI dengan transfer 80 MB/s dan kabel sampai
12 meter. Namun, kinerja penuh hanya dapat dicapai dengan menggunakan kabel LVD (Low Voltage
Differential) khusus yang mahal. [lihat Wide SCSI]

Ultra-160/m: interface terbaru yang mendukung transfer data sampai 160 MB/s. [lihat Wide SCSI, SCSI]

Unicode: karakter set yang digunakan oleh Windows NT, Windows 2000, dan long filename Windows
95, Windows 98, dan Windows ME. Unicode menggunakan 16 bit (2 bytes) untuk merepresentasikan satu karakter, sehingga bisa menghasilkan 65536 karakter yang berbeda (2 pangkat 16). Karena bisa

menghasilkan karakter lebih banyak itulah Unicode bisa menyimpan karakter-karakter khusus yang digunakan untuk bahasa lain di seluruh dunia.

Upload: Proses dimana komputer Anda mengirimkan suatu file ke komputer lain. Kebalikannya
Download.

URL (Uniform Resource Locator): alamat standar yang digunakan untuk menemukan web page, web server, atau peralatan lain pada Web atau Internet.

USB (Universal Serial Bus): Sebuah bus I/O (input/output) yang dapat mentransfer data hingga 12 megabit per detik (mbps). [lihat FireWire]

USB 1.1: USB versi selanjutnya yang mengijinkan dua jenis periferal: yang berkecepatan rendah dan yang berkecepatan sedang.

USB 2.0: versi terbaru dari USB yang mampu mentransfer data hingga 480 mbps.

Usenet: jaringan yang menyediakan newsgroup.

UTP (Unshielded Twisted Pair): kabel telepon ISDN yang membutuhkan steker RJ-45 untuk menghubungkan antara network card dengan hub.

UUCP (Unix to Unix Copy): sebuah protokol transfer standar, seperti NNTP, yang digunakan oleh banyak newsserver di dalam Usenet.

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol): memungkinkan komunikasi antar-PC
dengan berbagai sistem operasi dalam sebuah network atau komunikasi ke internet.

Terminator: resistor 50 ohm yang menutup aliran data di ujung network untuk mencegah sinyal gangguan.

Time Sharing: suatu teknik yang dikembangkan untuk membuat komputer mampu mengerjakan beberapa pekerjaan dalam ‘satu waktu’. Time sharing dikembangkan karena komputer sekarang ini mampu memproses sejumlah instruksi – mungkin jutaan instruksi – dalam satu detik. Sehingga dengan time sharing, Anda bisa berbagi sumber daya komputer dengan rekan Anda tanpa Anda merasakannya. Walaupun time sharing sangat powerfull, akan tetapi bisa jadi menjadi inefisiensi pada saat terlalu banyak proses yang harus dikerjakan oleh prosesor. Hal ini disebabkan karena waktu yang diperlukan untuk berpindah antar proses menjadi lebih banyak ketimbang waktu yang dialokasikan untuk menjalankan setiap single-process. Akibat yang dirasakan oleh user adalah time response yang lambat. ;(

Track: lingkaran konsentris pada disk yang terdiri atas sector-sector. [lihat Boot Record,]

Trialware/Trial-version: salah satu jenis distribusi software yang mirip dengan shareware, yang juga mempunyai batasan waktu pemakaian maupun fasilitas. Perbedaannya, pada trialware pemakai harus membeli produk aslinya untuk dapat menggunakan software tersebut. [lihat Adware, Freeware, Shareware, Spyware, Careware, Public Domain]

Trojan Horse: sebuah program yang dengan berbagai cara berhasil diselundupkan ke dalam PC sebagai sebuah program dengan status “tidak berbahaya”, tetapi secara diam-diam melakukan hal-hal yang tidak diinginkan oleh pemilik PC, seperti: mencuri account/password, men-format hard disk, dan sebagainya tergantung pembuat trojan tersebut. [lihat Virus, Worm]

TSR (Terminate but Stay Resident): suatu teknik pemrograman agar program yang dibuat berdiam di memori (residen) setelah dijalankan. Program yang resident bisa “terlihat” atau “tidak terlihat”.

TWAIN (Technology Without An Independent Name): tadinya merupakan port standar software yang terutama digunakan oleh Adobe dan HP, yang memungkinkan pertukaran informasi antara sebuah PC dengan sebuah scanner. Dengan Twain, pembuat software scanner tidak tergantung pada produsen scanner.

I-modem: Hybrid-Modem yang sesuai dengan ISDN maupun jaringan analog.

ICMP (Internet Control Message Protocol): protokol TCP/IP yang dirancang untuk mengirimkan pesan-pesan berkenaan dengan status alat komunikasi network. Pesan-pesan ICMP dikirim untuk memberitahukan kondisi-kondisi seperti overloaded gateway, network ourgates, atau route pengalihan jurusan.

ICSA (International Computer Security Association): suatu organisasi industri independen yang secara tetap akan melakukan tes dan memberikan sertifikasi untuk software-software antivirus.

IDE (Integrated Drive Electronics): suatu standar yang menguraikan suatu hard disk drive dengan sirkuit-sirkuit disk drive yang dintegrasikan di dalam disk drive. [lihat EIDE, ATA]

IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers): sebuah organisasi yang membuat standar- standar untuk telekomunikasi dan networking.

IEEE 1394:lihat FireWire.

IETF (Internet Engineering Task Force): organisasi dalam Internet Society yang menangani persoalan-persoalan yang berhubungan dengan operasi harian Internet. Ketika sebuah operasional persoalan-persoalan meningkat, IETF membuah kelompok kerja untuk mengalamatkan persoalan- persoalan.

IMAP (Internet Main Access Protocol): sebuah protokol mail yang dirancang untuk meningkatkan POP3 (Post Office Protocol Version 3) oleh pengizinan pemakai untuk membuat dan memanipulasi berkas mail secara langsung pada mail server. IMAP juga mengizinkan pemakai untuk men-download pesan-pesan header tanpa harus mendownload keseluruhan dokumen. [lihat E-Mail, POP3]

Integrity Checkers / Modification Detector: salah satu metode pendeteksian virus dengan cara melakukan perhitungan yang unik pada setiap file yang hendak diimunisasi dengan anggapan file tersebut tidak terinfeksi virus. Nilai perhitungan awal ini nantinya akan dibandingkan dengan nilai yang didapat dari perhitungan saat file tersebut dieksekusi. Jika hasil perhitungan berbeda, berarti file tersebut telah dimodifikasi.

InterNIC (Internet Network Information Center): sebuah organisasi yang memberikan layanan registrasi, menyusun nama-nama domain DNS, dan memberikan sumber-sumber informasi ke komuniti Internet.

Interpolasi / Interpolation: pengisian pixel pada celah kosong yang timbul karena ada elemen gambar yang tidak terbaca oleh sensor (peningkatan resolusi). Warna dan kecerahannya merupakan rata-rata dari 2 pixel di sisi celah tersebut. Ini menghasilkan peralihan antarbaris yang lebih halus.

IP (Internet Protocol): network-layer protocol yang digunakan oleh network dan devices TCP/IP. Internet Protocol menentukan format untuk paket IP, yang dinamakan datagrams, selain bagaimana datagrams harus ditujukan dan dikirimkan ke seluruh IP network. [lihat BOOTP]

IP Address: sebuah nilai 32-bit, biasanya mewakili sebagai 4 kelompok dari 3 digit, terpisah oleh titik- titik. Masing-masing devices pada Internet mempunyai sedikitnya satu alamat IP. Internet routing devices menggunakan alamat IP untuk menentukan kemana datagram dikirim.

IP masquerading: adalah jika kita menggunakan suatu firewall untuk menyembunyikan IP address sebenarnya dari PC kita kepada PC luar.

IPv6: usulan pembangkit selanjutnya dari protokol IP. Ia berisikan banyak perbaikan-perbaikan, meliputi kenaikan IP network address space yang besar. Sebagai contoh, ia menaikkan ukuran alamat IP dari 32 bit ke 128 bit.

IPX (Internetwork Packet Exchange): protokol yang berfungsi untuk melakukan pertukaran data dalam sebuah network.

IPX/SPX (Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange): protokol network dan
Transport-Layer yang digunakan oleh Novell Netware servers untuk sistem penghubungan network.

IRC (Internet Relay Chat): salah satu dari beberapa standar Internet untuk ngobrol secara langsung melalui keyboard. IRC memungkinkan untuk pembuatan chanel, pembicaraan pribadi, dan juga pertukaran file. Juga didesain untuk memungkinkan server saling berhubungan dengan server lainnya, sehingga muncullah beberapa jaringan IRC seperti: Undernet, DALnet, EFnet dan sebagainya.

IRC channels: merupakan suatu “tempat” di dalam server IRC yang memungkinkan kita chat (ngobrol) dengan orang lain. Chanel-chanel dibuat di dalam server IRC dan user bisa join (bergabung) ke chanel tersebut sehingga bisa berkomunikasi dengan orang lain yang ada di chanel tersebut. Pesan/tulisan yang telah kita tulis di chanel hanya akan muncul kepada orang-orang yang terhubung ke chanel tersebut. Dua atau lebih user juga bisa membuat sebuat chanel “pribadi” sehingga mereka tidak diganggu oleh user lain. Nama chanel dimulai dengan karakter #.

ISA (Industry Standard Architecture): jenus bus pertama yang digunakan oleh PC, lambat dan kebanyakan user mulai beralih ke PCI. Akan tetapi beberapa produsen masih memproduksi motherboard dan card jenis ini. Saat ini masih banyak digunakan oleh card-card SCSI yang disertakan pada scanner, CD writer, dan sebagainya. 8-P

ISDN (Integrated Services Digital Network): suatu sistem telekomunikasi yang mengintegrasikan layanan antara data, suara, dan gambar dalam suatu jaringan yang terpadu. Intergrasi dari sistem komunikasi ini memberikan keuntungan berupa penghematan dan fleksibilitas kepada para pemakainya, karena biaya pengadaan untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah dari pada bila kita membeli sistem yang terpisah.

ISO (International Standard Organization): sebuah organisasi yang menentukan standar-standar internasional.

ISO 9660: format CD yang mampu mengelola data 1 GB. [lihat UDF]

ISP (Internet Service Provider): istilah untuk penyedia jasa layanan Internet yang diambil dari bahasa
Inggris.

ITU (International Telephony Union): kelompok yang berasal dari Perancis dan dulu di kenal sebagai CCITT (Comite Consultatif Internationale Telephonique et Telegraphique). Agen dari PBB ini didirikan pada tahun 1970 untuk menjawab pertanyaan dunia akan masalah kompatibilitas modem dan menciptakan suatu standar komunikasi dunia dan menentukan spesifikasi teknik telekomunikasi internasional..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: